Google Translate

Sabtu, 10 Oktober 2009

Perpetaan

PERPETAAN

Pendahuluan

Peta merupakan sarana pokok yang harus dimiliki oleh setiap wilayah/daerah, atau dalam hal ini perusahaan pertambangan, untuk memungkinkan pelaksanaan tertib penyelenggaraan administrasi dengan baik, yang mencakup luas areal, potensi sumber daya mineral serta energi, disamping peta juga mampu menunjukan posisi dan letak suatu bangunan, juga kondisinya.

DEFINISI PETA

Peta adalah penyajian secara grafis seluruh atau sebagian kecil unsur permukaan bumi dengan suatu perbandingan atau skala tertentu yang menggambarkan diatas suatu bidang datar melalui suatu proyeksi. Peta menyajikan unsur-unsur di permukaan bumi dengan cara memilih, meyelesaikan atau menganalisir sesuai dengan maksud dan tujuan dari pembuatan peta tersebut. (Ilmu Ukur Tanah Bagian I. 2002).

Jenis-Jenis Peta

o Peta Topografi yaitu peta yang memperlihatkan posisi harizontal dan unsur alam dan unsur buatan manusia dalam suatu bentuk tertentu serta ketinggian atau posisi vertikal dari permukaan bumi/terrain terhadap bidang referensi (acuan)

o Peta Tematik yaitu suatu bentuk peta yang menyajikan unsur-unsur tertentu dari permukaan bumi sesuai dengan topik atau judul petanya.

Contoh Peta Tematik

o Peta Hidrologi yaitu peta yang memuat informasi tentang keadan dasar lautan, kedalaman air serta keterangan-keterangan lain yang diperlukan untuk pelayaran.

o Peta geologi yaitu peta yang memuat informasi tentang keadaan geologis suatu daerah, bahan-bahan pembentuk dari suatu lapisan, batuan dan lain-lain.

o Peta Irigasi yaitu peta yang memuat informasi tentang jaringan irigasi suatu pengairan.

o Peta Kadaster peta yang memaut informasi bata-batas kepemilikan tanah, batas wiliyah atau batas tanah.

o Peta Tata Guna Lahan yaitu peta yang memuat informasi tentang rencana induk pengembangan fungsi suatu wilayah.

Tujuan Pemetaan

o Adapun beberapa tujuan pembuatan peta, antara lain (sasongko. 1993):

a. Untuk menyampaikan informasi

b. Media komunikasi tetang informasi ruang

c. Membantu dalam membuat desian ataupun perencanaan teknis

d. Mendukung suatu pekerjaan teknis dan navigasi

e. Untuk menganalisis data pengukuran.

Fungsi Pemetaan

Secara umum fungsi peta dapat dikaitkan dengan berbagai macam kepentingan antara lain: bidang pemerintahan, bidang hankam, politik, ekonomi, sosial, budaya dan lain-lain. Dalam hal pembuatan peta yang standar sesuai dengan kebutuhan.

Peta mempunyai fungsi antara lain (Sasongko. 1993):

a. Menunjukan sautu lokasi, yaitu letak suatu tempat dalam hubungannya dengan tempat lain di permukaan bumi.

b. Memperhatikan bentuk

c. Memperhatikan ukuran

d. Menunjukan arah

e. Menghimpun data.

Pertimbangan utama dalam penentuan jenis peta pada umumnya antara lain :

Ø Pembuatan peta dengan spesifikasi tertentu mempunyai konsekwensi pada biaya dan waktu yang dibutuhkan, makin tinggi spesifikasi yang harus dipenuhi, maka semakin tinggi pula biaya dan waktu yang dibutuhkan.

Ø Tingkat kebutuhan akan peta dari suatu desa dengan desa lainnya akan berbeda tergantung dari jumlah serta jenis permasalahan yang dihadapinya.

Persyaratan Pemetaan

Dalam sebuah peta harus memberikan gambaran secara jelas informasi-informasi yang dibutuhkan sesuai dengan tingkat kebutuhan user, yang secara umum harus memuat, Legenda (Keterangan simbol dan warna) juga garis lintang dan bujur yang disebut juga garis astronomi. Garis Astronomi ini adalah garis khayal/abstrak pada globe atau peta yang digunakan untuk mencari letak suatu tempat dimuka bumi yang terdiri dari garis Lintang (Paralel) dan garis Bujur (Meridien)

Skala Peta

Skala peta adalah perbading jarak yang tercantum pada peta dengan jarak sebenar nya yang dinyatakan dalam angka atau garis atau gabungan keduanya.


Skala dapat diklasifikasikan sebagai berikut (sinaga. 1992):

o Skala besar, lebih besar 1:10.000

1 : 10.000

1 : 2.500

1 : 1.250

o Skala Menengah, antara 1:10.000 s/ 1:25.000

o Skala Kecil, lebih kecil 1: 25.000

Simbol atau Leganda

Adalah keterangan yang menunjukkan suatu tempat, waktu dan lain sebagainya dengan menggunakan simbol-simbol tertentu yang umum serta garis garis yang membedakan batas dan satuan warna warna untuk membedakan ketinggian dan kedalaman tempat.

Simbol atau Legenda


Tidak ada komentar:

My Friends