Google Translate

Kamis, 21 Januari 2010

Memahami Pasangan


Terkadang kita ingin dimengerti, tetapi kali ini kita harus mengerti pasangan kita..

Boleh dibilang, semakin dekat hubungan, maka semakin jelas perbedaan. Semakin erat hubungan, akan semakin banyak pula cobaan untuk memisahkannya. Mungkin apa yang dikatakan nenek benar. Kita harus harus saling pengertian, tenggang rasa dan saling memahami. Tapi, bagaimana caranya ? Apa yang harus kita lakukan ?


1. Jangan Memberi Nasihat
Apalagi bila pasangan dalam keadaan marah besar. Jangan pernah bertindak seolah-olah Anda sedang menasihatinya. Karena biasanya, orang yang sedang emosi tidak pernah merasa bersalah dan tidak butuh dinasihati.

Bila Anda nekad, maka dia akan menganggap Anda sok tahu dan suka mengkritik. Lebih baik, mendengarkan semua kemarahannya. Bila sudah reda, Anda boleh menghiburnya dengan kata-kata mesra. Dengan begitu dia merasa diperhatikan.

2. Beri Dia Dorongan
Terlebih bila dia sedang sedih karena ada masalah atau gagal mencapai tujuan. Pada saat seperti ini, dia butuh perhatian Anda. Pandai-pandailah menghiburnya dan mengakui keadaan dirinya. Setelah itu beri dia dorongan.

Buat dia bangkit kembali dengan mengatakan bahwa Anda sangat mencintainya dan dia adalah orang yang sangat baik. Cobalah untuk membuatnya lupa dengan kegagalannya dengan mengungkapkan keberhasilan-keberhasilan yang pernah ia capai.

3. Siap Membantu
Kalau sedang ada masalah, biasanya orang akan uring-uringan. Nggak enak makan, nggak enak tidur. Stres pun melanda. Dalam keadaan seperti ini, beri dia semangat dan tawarkan bantuan untuk memecahkan masalah.

Bila dia sudah dapat mengatasi masalahnya dan merasa lebih tenang, sampaikan kalimat pujuan yang manis, untuk membangkitkan rasa percaya dirinya.

4. Jangan Biarkan Dia Gila
Jika pasangan frustasi, jangan membuatnya kacau dengan memarahi atau menuding. Bila dia memutuskan untuk berbuat sesuatu yang diluar kendali, jangan menentangnya dengan kata-kata bernada tinggi.

Katakan, bahwa apa yang akan dilakukannya mungkin akan mempengaruhi hubungan Anda berdua, padahal Anda tak menginginkannya. Mintalah dia untuk memikirkan kembali keputusannya, sebelum masalahnya bertambah parah. Cobalah untuk membuatnya lebih tenang.

5. Katakan Cinta
Jangan pernah ragu untuk membuktikan rasa sayang dan cinta melalui ungkapan-ungkapan dan perhatian. Berikan semua itu ketika dia sedang membutuhkannya. Untuk itu, cobalah Anda menempatkan diri pada posisinya, jauhkan sikap egois.

Tidak ada komentar:

My Friends