Google Translate

Kamis, 29 April 2010

Termodinamika

Duh pusing juga nih cari tugas tapi gak ketemu-ketemu sekali ketemu eh, terpisah-pisah pula.

Tapi tenang Biar mempermudah teman-teman saya cari untuk kali ini saya sedikit memberikan pertolongan dengan memberikan materi yang dicari yaitu tentang



Sistem Tertutup dan Sistem Terbuka Pada Termodinamika

Dalam thermidinamika ada dua jenis sistem, yaitu sistem tertutup
dan sistem terbuka. Dalam

- Sistem Tertutup masa dari sistem yang dianalisis
tetap dan tidak ada masa keluar dari sistem atau masuk kedalam sistem,
tetapi volumenya bisa berubah. Yang dapat-keluar masuk sistem tertutup
adalah energi dalam bentuk panas atau kerja. Contoh sistem tertutup
adalah suatu balon udara yang dipanaskan, dimana masa udara
didalam balon tetap, tetapi volumenya berubah, dan energi panas
masuk kedalam masa udara didalam balon.
Dalam

- sistem terbuka, energi dan masa dapat kelua r sistem atau
masuk kedalam sistem melewati batas sistem. Sebagian besar mesinmesin
konversi energi adalah sistem terbuka. Sistem mesin motor bakar
adalah ruang didalam silinder mesin, dimana campuran bahan bahan
bakar dan udara masuk kedalam silinder, dan gas buang keluar sistemmelalui knalpot. Turbin gas, turbin uap, pesawat jet dan lain-lain adalah
merupakan sistem thermodinamika terbuka, karena secara simultan ada
energi dan masa keluar-masuk sistem tersebut.

- Entalpi
Jumlah energi yang dimiliki oleh sistem termodinamik (lihat Termodinamika) untuk transfer antara dirinya dan lingkungannya. Sebagai contoh, dalam reaksi kimia, perubahan entalpi sistem adalah panas reaksi. Dalam perubahan fasa, seperti dari cairan menjadi gas, perubahan entalpi sistem adalah panas laten penguapan. Dalam perubahan suhu sederhana, perubahan entalpi dengan gelar masing-masing adalah kapasitas panas dari sistem pada tekanan konstan. Ahli fisika Jerman Rudolf Clausius berasal JE istilah pada tahun 1850. Secara matematis, entalpi H diidentifikasi sebagai U + PV, di mana U adalah energi internal, P adalah tekanan, dan V adalah volume. H diukur dalam joule atau unit termal Inggris (BTUs). (Encarta 2007)

- entropi
ialah Sebuah proses alami yang bermula di dalam satu keadaan kesetimbangan dan berakhir di dalam satu keadaan kesetimbangan lain akan bergerak di dalam arah yang menyebabkan entropi dari sistem dan lingkungannya semakin besar
contoh entropi
Pengalaman sehari-hari menunjukkan bahwa sebuah kolam tidak membeku di musim panas. Jika sebuah benda panas berinteraksi dengan benda dingin, maka tak terjadi bahwa benda panas tersebut semakin panas dan benda dingin semakin dingin, meskipun proses-proses tersebut tidaklah melanggar hukum kekekalan energi yang dinyatakan sebagai hukum pertama termodinamika.

- Energi Dalam
Suatu gas yang berada dalam suhu tertentu dikatakan memiliki energi dalam. Energi dalam gas berkaitan dengan suhu gas tersebut dan merupakan sifat mikroskopik gas tersebut. Meskipun gas tidak melakukan atau menerima usaha, gas tersebut dapat memiliki energi yang tidak tampak tetapi terkandung dalam gas tersebut yang hanya dapat ditinjau secara mikroskopik.

- Volume Spesifik
volume Tertentu (ν) adalah volume yang ditempati oleh unit massa material. Volume spesifik suatu zat adalah sama dengan kebalikan dari kepadatan massa. volume khusus dapat dinyatakan dalam \ frac (m ^ 3) (kg), \ frac (ft ^ 3) (LBM) atau \ frac (ml) (g).


mana, bar (\ (R)) adalah gas spesifik konstan, T adalah suhu dan P adalah tekanan gas.

volume spesifik juga bisa merujuk ke volume molar.

- Proses reversibel
sebuah proses, dimana perubahan dalam arah sebaliknya, akan membalik proses seutuhnya, dikenal dengan proses reversibel, sebagai contoh, jika selama proses termodinamika dari keadaan 1 ke 2, kerja yang dilakukan oleh gas adalah W1-2 dan kalor yang diserap adalah Q1-2 kita akan membawa sistem kembali dari keadaan 2 ke 1.

- Proses Ireversibel
sebagaimana telah disebutkan diatas bahwa jika perubahan dalam arah sebaliknya, akan membalik peroses seutuhnya disebut sebagai proses reversibel. tetapi jika pderubahan tidak membalik proses, maka disebut peroses Ireversibel.

CP kapasitas panas jenis pada tekanan konstan
Cv kapasitas jenis gas ideal pada volume konstan

4 komentar:

Syam Oby mengatakan...

waaah
jadi inget pelajaran kelas 2 SMA dulu

kangen bu irma
hehehehehehhe

Freedom Borneo mengatakan...

hehhe........ nostalgia ya mas...

emng dulunya jurusan apa??

Syam Oby mengatakan...

ho'ooh ada termodinamika dapat 54 kalau gak salah XD <== anak IPA macam apa ini

Freedom Borneo mengatakan...

ah, kang oBy ni, orng'y rendah hati, tpi jgn smpai rendah Diri(pendek badan)

aku aja dulu gk smpai masuk ipa, masih didepan pintu'y, malah di teriakin, guru ips suruh masuk kedia, balang deh mau masuk ipa...

hehhehee

My Friends